Selasa, 17 Juni 2014

Satpol PP Pendidikan kab. Gowa



Satuan Polisi Pamong Praja, disingkat Satpol PP, adalah perangkat Pemerintah Daerah dalam memelihara ketentraman dan ketertiban umum serta menegakkan Peraturan Daerah. Organisasi dan tata kerja Satuan Polisi Pamong Praja ditetapkan dengan Peraturan Daerah. Satpol PP dapat berkedudukan di Daerah Provinsi dan Daerah.
Satpol PP pada umumnya adalah perangkat daerah. Berbeda di Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan adalah kabupaten yang memiliki Satpol PP Pendidikan. Dinamakan Satpol PP Pendidikan karena tempat tugas mereka berada di setiap Sekolah - sekolah yang ada di kabupaten Gowa.

Melihat pengertian Pamong Praja berasal dari kata Pamong dan Praja , Pamong artinya pengasuh yang berasal dari kata Among yang juga memiliki arti sendiri yaitu mengasuh. Mengasuh anak kecil misalnya itu biasanya dinamakan mengemong anak kecil, sedangkan Praja adalah pegawai negeri. Pangreh Praja atau Pegawai Pemerintahan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Pamong Praja adalah Pegawai Negeri yang mengurus pemerintahan Negara.
Dari pengertian tersebut mengacu kepada tugas pokok dan fungsi ( tupoksi ) Satpol PP Pendidikan adalah Para petugas tersebut bertugas untuk mengawasi anak bolos, menjemput antar guru yang bertempat tinggal 1,5 Km lebih dari sekolah, mengatur lalu lintas kepulangan anak-anak sekolah.  Bahkan guna kelancaran kegiatan, pemerintah daerah membuka akses pengaduan bagi masyarakat yang ingin melaporkan daerah yang kerap dijadikan tempat membolos siswa.
Adapun Upaya Kabupaten Gowa membentuk polisi pamong praja pendidikan dimana satuan polisi pamong praja ini  ditempatkan di sekolah-sekolah untuk meningkatkan pelayanan dalam sektor pendidikan agar pembangunan benar-benar terlaksana dengan baik.
Sejarah terbentuknya Satpol PP pendidikan. pertama kali dibentuk awal tahun 2009 pada awalnya hanya di tingkat SD. Pada awal 2010 semua jenjang pendidikan telah memiliki Satpol pendidikan.
Lebih jelasnya dapat dilihat pada tabel berikut:

Tidak

Kecamatan


Populasi
1
Sombaopu
79
2
Pallangga

46
3

barombong
18
4

Bajeng
55
5

Bontonompo
43
6
Bajeng Barat

19
7

Bontonompo Selatan
24
8
Bontomarannu

20
9
Pattallassang

19
10

Manuju
18
11

Sepertinya Loe
22
12

Tinggimoncong
26
13

Paris
17
14

Tombolo Pao
29
15

Bungaya
20
16

Bontolempangan
17
17

Tompo Bulu
26
18

Cari Biringer
27




Dari tabel tersebut diatas dapat dilihat bahwa jumlah Satpol PP Pendidikan ditempatkan dalam satu kecamatan memiliki jumlah yang berbeda tergantung dari jumlah sekolah yang ada dikecamatan tersebut. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar